Senin, 29 Oktober 2012

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005






1
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 14 TAHUN 2005
TENTANG

GURU DAN DOSEN
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang:
a.   bahwa  pembangunan  nasional  dalam  bidang  pendidikan  adalah  upaya  mencerdaskan
kehidupan   bangsa  dan   meningkatkan  kualitas  manusia  Indonesia  yang   beriman,
bertakwa,  dan  berakhlak  mulia  serta  menguasai  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  dan  seni
dalam  mewujudkan  masyarakat  yang  maju,  adil,  makmur,  dan  beradab  berdasarkan
Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
b.   bahwa   untuk   menjamin   perluasan   dan   pemerataan   akses,   peningkatan   mutu   dan
relevansi, serta tata pemerintahan yang baik dan akuntabilitas pendidikan yang mampu
menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan
global  perlu  dilakukan  pemberdayaan  dan  peningkatan  mutu  guru  dan  dosen  secara
terencana, terarah, dan berkesinambungan;
c.   bahwa  guru dan  dosen  mempunyai  fungsi,  peran, dan  kedudukan yang  sangat  strategis
dalam  pembangunan  nasional  dalam  bidang  pendidikan  sebagaimana  dimaksud  pada
huruf a, sehingga perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat;
d.   bahwa  berdasarkan  pertimbangan  sebagaimana  dimaksud  pada  huruf  a,  huruf  b,  dan
huruf c perlu dibentuk Undang-Undang tentang Guru dan Dosen;


Mengingat:
1.   Pasal  20,  Pasal  22  d,  dan  Pasal  31  Undang-Undang  Dasar  Negara  Republik  Indonesia
Tahun 1945;
2.   Undang-Undang  Nomor  20  Tahun  2003  tentang  Sistem  Pendidikan  Nasional  (Lembaran
Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik
Indonesia Nomor 4301);

Dengan Persetujuan Bersama
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA dan
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

MEMUTUSKAN:
Menetapkan :
UNDANG-UNDANG TENTANG GURU DAN DOSEN.

BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1
Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:
1.   Guru   adalah   pendidik    profesional   dengan   tugas   utama   mendidik,   mengajar,
membimbing,   mengarahkan,   melatih,   menilai,  dan   mengevaluasi   peserta   didik   pada
pendidikan  anak  usia  dini  jalur  pendidikan  formal,  pendidikan  dasar,  dan  pendidikan
menengah.
2.   Dosen     adalah    pendidik     profesional    dan     ilmuwan    dengan     tugas     utama
mentransformasikan, mengembangkan,  dan   menyebarluaskan  ilmu   pengetahuan,
teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.




2
3.   Guru  besar  atau  profesor  yang  selanjutnya  disebut  profesor  adalah  jabatan  fungsional
tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi.
4.   Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi
sumber  penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan
yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.
5.   Penyelenggara pendidikan adalah Pemerintah, pemerintah daerah, atau masyarakat yang
menyelenggarakan pendidikan pada jalur pendidikan formal.
6.   Satuan   pendidikan   adalah   kelompok   layanan   pendidikan   yang   menyelenggarakan
pendidikan pada jalur pendidikan formal dalam setiap jenjang dan jenis pendidikan.
7.      Perjanjian  kerja  atau  kesepakatan  kerja  bersama  adalah  perjanjian  tertulis  antara  guru
atau  dosen  dengan  penyelenggara  pendidikan  atau  satuan  pendidikan  yang  memuat
syarat-syarat  kerja  serta  hak  dan  kewajiban  para  pihak  dengan  prinsip  kesetaraan  dan
kesejawatan berdasarkan peraturan perundang-undangan.
8.   Pemutusan  hubungan  kerja  atau  pemberhentian  kerja  adalah  pengakhiran  perjanjian
kerja   atau   kesepakatan   kerja   bersama   guru   atau   dosen   karena   sesuatu   hal   yang
mengakibatkan  berakhirnya   hak   dan   kewajiban   antara  guru   atau  dosen   dan
penyelenggara pendidikan atau satuan pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-
undangan.
9.   Kualifikasi akademik adalah ijazah jenjang pendidikan akademik yang harus dimiliki oleh
guru  atau  dosen  sesuai  dengan  jenis,  jenjang,  dan  satuan  pendidikan  formal  di  tempat
penugasan.
10.  Kompetensi  adalah  seperangkat  pengetahuan,  keterampilan,  dan  perilaku  yang  harus
dimiliki,   dihayati,   dan   dikuasai   oleh   guru   atau   dosen   dalam   melaksanakan   tugas
keprofesionalan.
11.  Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen.
12.  Sertifikat pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru
dan dosen sebagai tenaga profesional.
13.  Organisasi  profesi  guru  adalah  perkumpulan yang  berbadan hukum  yang didirikan  dan
diurus oleh guru untuk mengembangkan profesionalitas guru.
14.  Lembaga  pendidikan  tenaga  kependidikan  adalah  perguruan  tinggi  yang  diberi  tugas
oleh  Pemerintah  untuk  menyelenggarakan  program  pengadaan  guru  pada  pendidikan
anak  usia   dini   jalur  pendidikan   formal,  pendidikan   dasar,   dan/atau  pendidikan
menengah, serta untuk menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu kependidikan dan
nonkependidikan.
15.  Gaji  adalah  hak   yang   diterima  oleh   guru   atau  dosen   atas  pekerjaannya  dari
penyelenggara pendidikan atau satuan pendidikan dalam bentuk finansial secara berkala
sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
16.  Penghasilan  adalah  hak  yang   diterima   oleh   guru   atau   dosen   dalam  bentuk  finansial
sebagai  imbalan  melaksanakan  tugas  keprofesionalan  yang  ditetapkan  dengan  prinsip
penghargaan  atas  dasar  prestasi  dan  mencerminkan  martabat  guru  atau  dosen  sebagai
pendidik profesional.
17.  Daerah  khusus  adalah  daerah  yang  terpencil  atau  terbelakang;  daerah  dengan  kondisi
masyarakat  adat  yang  terpencil;  daerah  perbatasan  dengan  negara  lain;  daerah  yang
mengalami  bencana  alam,  bencana  sosial,  atau  daerah  yang  berada  dalam  keadaan
darurat lain.
18.  Masyarakat  adalah  kelompok  warga  negara  Indonesia  nonpemerintah  yang  mempunyai
perhatian dan peranan dalam bidang pendidikan.
19.  Pemerintah adalah pemerintah pusat.
20.  Pemerintah daerah adalah pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, atau pemerintah
kota.
21.  Menteri adalah menteri yang menangani urusan pemerintahan dalam bidang pendidikan
nasional.




3
BAB II
KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN TUJUAN
Pasal 2
1.   Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar,
pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang
diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
2.   Pengakuan  kedudukan  guru  sebagai  tenaga  profesional  sebagaimana  dimaksud  pada
ayat (1) dibuktikan dengan sertifikat pendidik.

Pasal 3
1.   Dosen   mempunyai   kedudukan   sebagai   tenaga   profesional   pada   jenjang   pendidikan
tinggi yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
2.   Pengakuan  kedudukan  dosen  sebagai  tenaga  profesional  sebagaimana  dimaksud  pada
ayat (1) dibuktikan dengan sertifikat pendidik.

Pasal 4
Kedudukan  guru  sebagai  tenaga  profesional  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  2  ayat  (1)
berfungsi   untuk   meningkatkan   martabat   dan   peran   guru   sebagai   agen   pembelajaran
berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Pasal 5
Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1)
berfungsi   untuk   meningkatkan   martabat   dan   peran   dosen   sebagai   agen   pembelajaran,
pengembang  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  dan  seni,  serta  pengabdi  kepada  masyarakat
berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Pasal 6
Kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem
pendidikan  nasional  dan  mewujudkan  tujuan  pendidikan  nasional,  yaitu  berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu,  cakap,  kreatif,  mandiri,  serta  menjadi  warga
negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

BAB III
PRINSIP PROFESIONALITAS
Pasal 7
1.   Profesi guru dan profesi dosen merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan
berdasarkan prinsip sebagai berikut:
a.   memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme;
b.   memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan
akhlak mulia;
c.   memiliki  kualifikasi akademik  dan  latar  belakang  pendidikan  sesuai  dengan  bidang
tugas;
d.   memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas;
e.   memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan;
f.    memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja;
g.   memiliki  kesempatan  untuk  mengembangkan  keprofesionalan  secara  berkelanjutan
dengan belajar sepanjang hayat;
h.   memiliki  jaminan  perlindungan  hukum  dalam  melaksanakan  tugas  keprofesionalan;
dan




4
i.    memiliki  organisasi  profesi  yang  mempunyai  kewenangan  mengatur  hal-hal  yang
berkaitan dengan tugas keprofesionalan guru.
2.   Pemberdayaan profesi guru atau pemberdayaan profesi dosen diselenggarakan melalui
pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif,
dan  berkelanjutan  dengan  menjunjung  tinggi  hak  asasi  manusia,  nilai  keagamaan,  nilai
kultural, kemajemukan bangsa, dan kode etik profesi.

BAB IV
GURU
Bagian Kesatu
Kualifikasi, Kompetensi, dan Sertifikasi
Pasal 8
Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan
rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Pasal 9
Kualifikasi  akademik  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  8  diperoleh  melalui  pendidikan
tinggi program sarjana atau program diploma empat.

Pasal 10
1.   Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh
melalui pendidikan profesi.
2.   Ketentuan lebih lanjut mengenai kompetensi guru sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 11
1.   Sertifikat  pendidik  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  8  diberikan  kepada  guru  yang
telah memenuhi persyaratan.
2.   Sertifikasi   pendidik   diselenggarakan   oleh   perguruan   tinggi   yang   memiliki   program
pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Pemerintah.
3.   Sertifikasi pendidik dilaksanakan secara objektif, transparan, dan akuntabel.
4.   Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  sertifikasi  pendidik  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat
(2) dan ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 12
Setiap  orang  yang  telah  memperoleh  sertifikat  pendidik  memiliki  kesempatan  yang  sama
untuk diangkat menjadi guru pada satuan pendidikan tertentu.

Pasal 13
1.   Pemerintah  dan  pemerintah  daerah  wajib  menyediakan  anggaran  untuk  peningkatan
kualifikasi akademik dan sertifikasi pendidik bagi guru dalam jabatan yang diangkat oleh
satuan   pendidikan   yang   diselenggarakan   oleh   Pemerintah,   pemerintah   daerah,   dan
masyarakat.
2.   Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  anggaran  untuk  peningkatan  kualifikasi  akademik  dan
sertifikasi   pendidik   sebagaimana   dimaksud   pada   ayat   (1)   diatur   dengan   Peraturan
Pemerintah.




5

Bagian Kedua
Hak dan Kewajiban
Pasal 14
1.   Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhak:
a.   memperoleh  penghasilan   di    atas   kebutuhan   hidup   minimum  dan   jaminan
kesejahteraan sosial;
b.   mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja;
c.   memperoleh   perlindungan   dalam   melaksanakan   tugas   dan   hak   atas   kekayaan
intelektual;
d.   memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi;
e.   memperoleh  dan   memanfaatkan sarana  dan   prasarana  pembelajaran  untuk
menunjang kelancaran tugas keprofesionalan;
f.    memiliki  kebebasan  dalam  memberikan  penilaian  dan  ikut  menentukan  kelulusan,
penghargaan,  dan/atau  sanksi   kepada   peserta   didik   sesuai   dengan   kaidah
pendidikan, kode etik guru, dan peraturan perundang-undangan;
g.   memperoleh rasa aman dan jaminan keselamatan dalam melaksanakan tugas;
h.   memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi;
i.    memiliki kesempatan untuk berperan dalam penentuan kebijakan pendidikan;
j.    memperoleh   kesempatan   untuk   mengembangkan   dan   meningkatkan   kualifikasi
akademik dan kompetensi; dan/atau
k.   memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.
2.     Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  hak  guru  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1)  diatur
dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 15
1.   Penghasilan  di  atas  kebutuhan  hidup  minimum  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  14
ayat (1) huruf a meliputi gaji pokok, tunjangan yang melekat pada gaji, serta penghasilan
lain  berupa  tunjangan  profesi,  tunjangan  fungsional,  tunjangan  khusus,  dan  maslahat
tambahan  yang  terkait  dengan  tugasnya  sebagai  guru  yang  ditetapkan  dengan  prinsip
penghargaan atas dasar prestasi.
2.   Guru yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau
pemerintah daerah diberi gaji sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
3.    Guru   yang   diangkat   oleh   satuan   pendidikan   yang   diselenggarakan   oleh   masyarakat
diberi gaji berdasarkan perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama.

Pasal 16
1.   Pemerintah  memberikan  tunjangan  profesi  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  15  ayat
(1)   kepada   guru   yang   telah   memiliki  sertifikat  pendidik   yang   diangkat   oleh
penyelenggara   pendidikan   dan/atau   satuan   pendidikan   yang   diselenggarakan   oleh
masyarakat.
2.   Tunjangan profesi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan setara dengan 1 (satu)
kali  gaji  pokok  guru  yang  diangkat  oleh  satuan  pendidikan  yang  diselenggarakan  oleh
Pemerintah atau pemerintah daerah pada tingkat, masa kerja, dan kualifikasi yang sama.
3.   Tunjangan  profesi  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1)  dialokasikan  dalam  anggaran
pendapatan   dan   belanja   negara   (APBN)   dan/atau   anggaran   pendapatan   dan   belanja
daerah (APBD).
4.   Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  tunjangan  profesi  guru  sebagaimana  dimaksud  pada
ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar