Minggu, 11 November 2012

PP No 19 Tahun 2005









PERATURAN PEMERINTAH
NOMOR 19 TAHUN 2005
TENTANG
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN


DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang :     bahwa dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 35 ayat (4),
Pasal 36 ayat (4), Pasal 37 ayat (3),  Pasal 42 ayat (3), Pasal 43
ayat (2), Pasal 59 ayat (3), Pasal 60 ayat (4), dan Pasal 61 ayat
(4)   Undang-Undang   Nomor   20   Tahun   2003   tentang   Sistem
Pendidikan  Nasional,   perlu  menetapkan  Peraturan  Pemerintah
tentang Standar Nasional Pendidikan;

Mengingat   :     1.  Pasal  5  ayat  (2)  Undang-Undang  Dasar  Negara  Republik
Indonesia Tahun 1945;
2.   Undang-Undang  Republik  Indonesia  Nomor  20  Tahun  2003
tentang   Sistem   Pendidikan   Nasional   (Lembaran   Negara
Tahun 2003 Nomor 78 Tambahan Lembaran Negara Nomor
4301);

MEMUTUSKAN:

Menetapkan:     PERATURAN PEMERINTAH TENTANG STANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN.

BAB I
KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:
1.  Standar   nasional   pendidikan   adalah   kriteria   minimal   tentang   sistem
pendidikan   di   seluruh   wilayah   hukum   Negara   Kesatuan   Republik
Indonesia.
2.  Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang
yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan
tinggi.
3.  Pendidikan  nonformal  adalah  jalur  pendidikan  di  luar  pendidikan  formal
yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang.



RPP_SNP_24 April_2005                                                                                                                                                           1








4.  Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang
mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
5.  Standar  isi  adalah  ruang  lingkup  materi  dan  tingkat  kompetensi  yang
dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan
kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus
dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
6.  Standar   proses   adalah   standar   nasional   pendidikan   yang   berkaitan
dengan  pelaksanaan  pembelajaran  pada  satu  satuan  pendidikan  untuk
mencapai standar kompetensi lulusan.
7.  Standar  pendidik  dan  tenaga  kependidikan  adalah  kriteria  pendidikan
prajabatan  dan  kelayakan  fisik  maupun  mental,  serta  pendidikan  dalam
jabatan.
8.  Standar sarana dan prasarana adalah standar nasional pendidikan yang
berkaitan     dengan     kriteria     minimal       tentang     ruang     belajar,      tempat
berolahraga,   tempat   beribadah,   perpustakaan,   laboratorium,   bengkel
kerja,  tempat  bermain,  tempat  berkreasi  dan  berekreasi,  serta  sumber
belajar  lain,  yang  diperlukan  untuk  menunjang  proses  pembelajaran,
termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
9.  Standar pengelolaan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan
dengan     perencanaan,     pelaksanaan,     dan           pengawasan     kegiatan
pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau
nasional    agar      tercapai      efisiensi    dan     efektivitas     penyelenggaraan
pendidikan.
10. Standar   pembiayaan   adalah   standar   yang   mengatur   komponen   dan
besarnya  biaya  operasi  satuan  pendidikan  yang  berlaku  selama  satu
tahun.
11. Standar  penilaian  pendidikan  adalah  standar  nasional  pendidikan  yang
berkaitan  dengan  mekanisme,  prosedur,  dan  instrumen  penilaian  hasil
belajar peserta didik.
12. Biaya  operasi  satuan  pendidikan  adalah  bagian  dari  dana  pendidikan
yang  diperlukan  untuk  membiayai  kegiatan  operasi  satuan  pendidikan
agar  dapat  berlangsungnya  kegiatan  pendidikan  yang  sesuai  standar
nasional pendidikan secara teratur dan berkelanjutan.
13. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,
isi,  dan  bahan  pelajaran  serta  cara  yang  digunakan  sebagai  pedoman
penyelenggaraan     kegiatan      pembelajaran      untuk     mencapai      tujuan
pendidikan tertentu.
14. Kerangka  dasar  kurikulum  adalah  rambu-rambu  yang  ditetapkan  dalam
Peraturan  Pemerintah  ini  untuk  dijadikan  pedoman  dalam  penyusunan
kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya pada setiap satuan
pendidikan.




RPP_SNP_24 April_2005                                                                                                                                                           2








15. Kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah kurikulum operasional yang
disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
16. Peserta        didik        adalah        anggota        masyarakat         yang        berusaha
mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia
pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
17. Penilaian  adalah  proses  pengumpulan  dan  pengolahan  informasi  untuk
mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
18. Evaluasi  pendidikan  adalah  kegiatan  pengendalian,   penjaminan,  dan
penetapan  mutu  pendidikan  terhadap  berbagai  komponen  pendidikan
pada   setiap   jalur,   jenjang,   dan   jenis   pendidikan   sebagai   bentuk
pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan.
19. Ulangan  adalah  proses  yang  dilakukan  untuk  mengukur  pencapaian
kompetensi       peserta       didik      secara       berkelanjutan      dalam        proses
pembelajaran,  untuk  memantau  kemajuan  dan  perbaikan  hasil  belajar
peserta didik .
20. Ujian   adalah   kegiatan   yang   dilakukan   untuk   mengukur   pencapaian
kompetensi  peserta  didik  sebagai  pengakuan  prestasi  belajar  dan/atau
penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.
21. Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan
pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
22. Badan  Standar  Nasional  Pendidikan  yang  selanjutnya  disebut  BSNP
adalah badan mandiri dan independen yang bertugas mengembangkan,
memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi standar nasional pendidikan;
23. Departemen   adalah   departemen   yang   bertanggung   jawab   di   bidang
pendidikan;
24. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan yang selanjutnya disebut LPMP
adalah unit pelaksana teknis Departemen yang  berkedudukan di provinsi
dan   bertugas   untuk   membantu   Pemerintah   Daerah   dalam   bentuk
supervisi, bimbingan, arahan, saran, dan bantuan teknis kepada satuan
pendidikan  dasar  dan  menengah  serta  pendidikan  nonformal,  dalam
berbagai  upaya  penjaminan  mutu  satuan  pendidikan  untuk  mencapai
standar nasional pendidikan;
25. Badan  Akreditasi  Nasional  Sekolah/Madrasah  yang  selanjutnya  disebut
BAN-S/M  adalah  badan  evaluasi  mandiri  yang  menetapkan  kelayakan
program   dan/atau   satuan   pendidikan   jenjang   pendidikan   dasar   dan
menengah   jalur   formal   dengan   mengacu   pada   Standar   Nasional
Pendidikan.
26. Badan  Akreditasi  Nasional  Pendidikan  Non  Formal  yang  selanjutnya
disebut   BAN-PNF   adalah   badan   evaluasi   mandiri   yang   menetapkan
kelayakan     program      dan/atau     satuan     pendidikan     jalur     pendidikan
nonformal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.



RPP_SNP_24 April_2005                                                                                                                                                           3








27. Badan  Akreditasi  Nasional  Perguruan  Tinggi  yang  selanjutnya  disebut
BAN-PT  adalah  badan  evaluasi  mandiri  yang  menetapkan  kelayakan
program  dan/atau  satuan  pendidikan  pada  jenjang  pendidikan  tinggi
dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
28. Menteri adalah menteri yang menangani urusan pemerintahan di bidang
pendidikan.

BAB II
LINGKUP, FUNGSI, DAN TUJUAN

Pasal 2

(1) Lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi:
a.  standar isi;
b.  standar proses;
c.   standar kompetensi lulusan;
d.  standar pendidik dan tenaga kependidikan;
e.  standar sarana dan prasarana;
f.   standar pengelolaan;
g.  standar pembiayaan;dan
h.  standar penilaian pendidikan.
(2) Untuk penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan sesuai dengan Standar
Nasional Pendidikan dilakukan evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi.
(3) Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan
berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional,
dan global.

Pasal 3

Standar  Nasional  Pendidikan  berfungsi  sebagai  dasar  dalam  perencanaan,
pelaksanaan,     dan     pengawasan     pendidikan     dalam       rangka     mewujudkan
pendidikan nasional yang bermutu.

Pasal 4

Standar  Nasional  Pendidikan  bertujuan  menjamin  mutu  pendidikan  nasional
dalam  rangka  mencerdaskan  kehidupan  bangsa  dan  membentuk  watak  serta
peradaban bangsa yang bermartabat.









RPP_SNP_24 April_2005                                                                                                                                                           4








BAB III
STANDAR ISI

Bagian Kesatu
Umum

Pasal 5

(1).   Standar   isi   mencakup   lingkup   materi   dan   tingkat   kompetensi   untuk
mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
(2).   Standar isi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat  kerangka dasar
dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan,
dan kalender pendidikan/akademik.

Bagian Kedua
Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum

Pasal 6

(1)      Kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang
pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a.  kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
b.  kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
c.   kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
d.  kelompok mata pelajaran estetika;
e.  kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan.
(2)      Kurikulum untuk jenis pendidikan keagamaan formal terdiri atas kelompok
mata pelajaran yang ditentukan berdasarkan tujuan pendidikan keagamaan.
(3)      Satuan pendidikan nonformal dalam bentuk kursus dan lembaga  pelatihan
menggunakan  kurikulum  berbasis  kompetensi  yang  memuat  pendidikan
kecakapan hidup dan keterampilan.
(4)      Setiap  kelompok  mata  pelajaran  dilaksanakan  secara  holistik  sehingga
pembelajaran   masing-masing   kelompok   mata   pelajaran   mempengaruhi
pemahaman dan/atau penghayatan peserta didik.
(5)      Semua  kelompok  mata  pelajaran  sama  pentingnya  dalam  menentukan
kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan
menengah.
(6)      Kurikulum   dan   silabus   SD/MI/SDLB/Paket   A,   atau   bentuk   lain   yang
sederajat menekankan pentingnya kemampuan dan kegemaran membaca
dan menulis, kecakapan berhitung, serta kemampuan berkomunikasi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar