Rabu, 12 Desember 2012

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2003



PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

NOMOR   16  TAHUN 2007

TENTANG

STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,

Menimbang   :  bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 28 ayat (5) Peraturan
Pemerintah  Nomor  19  Tahun  2005  tentang  Standar  Nasional
Pendidikan,  perlu  menetapkan  Peraturan  Menteri  Pendidikan
Nasional tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi
Guru;


Mengingat      :  1.  Undang-Undang   Nomor   20   Tahun   2003   tentang   Sistem
Pendidikan  Nasional  (Lembaran  Negara  Republik  Indonesia
Tahun   2003   Nomor   78,   Tambahan   Lembaran   Negara
Republik Indonesia Nomor 4301);

2.  Undang-Undang  Nomor  14  Tahun  2005  tentang  Guru  dan
Dosen  (Lembaran  Negara  Republik  Indonesia  Tahun  2005
Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia
Nomor 4586);

3.  Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional  Pendidikan  (Lembaran  Negara  Republik  Indonesia
Tahun   2005   Nomor   41,   Tambahan   Lembaran   Negara
Republik Indonesia Nomor 4496);

4.  Peraturan       Presiden      Nomor      9       Tahun      2005      tentang
Kedudukan,  Tugas,  Fungsi,  Susunan  Organisasi,  dan  Tata
Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana
telah   beberapa   kali   diubah   terakhir   dengan   Peraturan
Presiden Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2006;

5.  Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun
2004   mengenai   Pembentukan   Kabinet   Indonesia   Bersatu
sebagaimana  telah  beberapa  kali  diubah  terakhir  dengan
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 20/P Tahun
2005;





1







MEMUTUSKAN:

Menetapkan :  PERATURAN  MENTERI  PENDIDIKAN  NASIONAL  REPUBLIK
INDONESIA  TENTANG  STANDAR  KUALIFIKASI  AKADEMIK
DAN KOMPETENSI GURU.
.

Pasal 1

(1)      Setiap guru wajib memenuhi standar kualifikasi akademik  dan kompetensi
guru     yang berlaku secara nasional.

(2)      Standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru  sebagaimana dimaksud
pada  ayat (1) tercantum dalam Lampiran Peraturan Menteri ini.

Pasal 2

Ketentuan  mengenai    guru  dalam  jabatan  yang  belum  memenuhi  kualifikasi
akademik         diploma  empat  (D-IV)  atau  sarjana       (S1)  akan  diatur      dengan
Peraturan Menteri tersendiri.


Pasal 3

Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan


Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 4 Mei 2007

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,

TTD.

BAMBANG SUDIBYO


















2








LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR   16  TAHUN 2007 TANGGAL   4 MEI 2007

STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU


A.       KUALIFIKASI AKADEMIK GURU

1.        Kualifikasi Akademik Guru Melalui Pendidikan Formal
Kualifikasi   akademik   guru   pada   satuan   pendidikan   jalur   formal
mencakup   kualifikasi   akademik   guru   pendidikan   Anak   Usia   Dini/
Taman   Kanak-kanak/Raudatul   Atfal   (PAUD/TK/RA),   guru   sekolah
dasar/madrasah      ibtidaiyah      (SD/MI),       guru      sekolah      menengah
pertama/madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), guru sekolah menengah
atas/madrasah       aliyah      (SMA/MA),       guru      sekolah      dasar       luar
biasa/sekolah menengah luar biasa/sekolah menengah atas luar biasa
(SDLB/SMPLB/SMALB),           dan           guru           sekolah           menengah
kejuruan/madrasah aliyah kejuruan (SMK/MAK*), sebagai berikut.

a.  Kualifikasi Akademik Guru PAUD/TK/RA
Guru   pada   PAUD/TK/RA   harus   memiliki   kualifikasi   akademik
pendidikan  minimum  diploma  empat  (D-IV)  atau  sarjana  (S1)
dalam   bidang   pendidikan   anak   usia   dini   atau   psikologi   yang
diperoleh dari program studi yang terakreditasi.

b.  Kualifikasi Akademik Guru SD/MI
Guru pada SD/MI, atau bentuk lain yang sederajat, harus  memiliki
kualifikasi  akademik  pendidikan  minimum  diploma  empat  (D-IV)
atau   sarjana   (S1)   dalam   bidang   pendidikan   SD/MI   (D-IV/S1
PGSD/PGMI)      atau  psikologi  yang  diperoleh  dari  program  studi
yang terakreditasi.

c.  Kualifikasi Akademik Guru SMP/MTs
Guru  pada  SMP/MTs,  atau  bentuk  lain  yang  sederajat,  harus
memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat
(D-IV) atau sarjana (S1) program studi yang sesuai dengan mata
pelajaran yang diajarkan/diampu, dan diperoleh dari program studi
yang terakreditasi.

d.  Kualifikasi Akademik Guru SMA/MA
Guru  pada  SMA/MA,  atau  bentuk  lain  yang  sederajat,  harus
memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat
(D-IV) atau sarjana (S1) program studi yang sesuai dengan mata
pelajaran yang diajarkan/diampu, dan diperoleh dari program studi
yang terakreditasi.





3







e.  Kualifikasi Akademik Guru SDLB/SMPLB/SMALB
Guru pada SDLB/SMPLB/SMALB, atau bentuk lain yang sederajat,
harus memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma
empat (D-IV) atau sarjana (S1) program pendidikan khusus atau
sarjana        yang        sesuai          dengan        mata         pelajaran        yang
diajarkan/diampu,     dan     diperoleh     dari      program      studi     yang
terakreditasi.

f.   Kualifikasi Akademik Guru SMK/MAK*
Guru  pada  SMK/MAK*  atau  bentuk  lain  yang  sederajat,  harus
memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat
(D-IV) atau sarjana (S1) program studi yang sesuai dengan mata
pelajaran yang diajarkan/diampu, dan diperoleh dari program studi
yang terakreditasi.

2.       Kualifikasi Akademik Guru Melalui Uji Kelayakan dan Kesetaraan
Kualifikasi   akademik   yang   dipersyaratkan   untuk   dapat   diangkat
sebagai  guru  dalam  bidang-bidang  khusus  yang  sangat  diperlukan
tetapi   belum   dikembangkan   di   perguruan   tinggi   dapat   diperoleh
melalui uji kelayakan dan kesetaraan. Uji kelayakan dan kesetaraan
bagi  seseorang  yang  memiliki  keahlian  tanpa  ijazah  dilakukan  oleh
perguruan tinggi yang diberi wewenang untuk melaksanakannya.


Keterangan:
Tanda   *       pada   halaman   ini   dan   halaman-halaman   berikutmya,   hanya             untuk   guru
kelompok mata pelajaran normatif dan adaptif.



























4







No.
KOMPETENSI INTI GURU
KOMPETENSI GURU TK/PAUD
Kompetensi Pedagodik
1.
Menguasai karakteristik peserta
didik dari aspek fisik, moral, sosial,
kultural, emosional, dan intelektual.
1.1      Memahami karakteristik peserta didik
usia TK/PAUD yang berkaitan dengan
aspek fisik, intelektual, sosial-emosional,
moral, dan latar belakang sosial-budaya.
1.2      Mengidentifikasi potensi peserta didik
usia TK/PAUD dalam berbagai bidang
pengembangan.
1.3      Mengidentifikasi kemampuan awal
peserta didik usia TK/PAUD dalam
berbagai bidang pengembangan.
1.4      Mengidentifikasi kesulitan peserta didik
usia TK/PAUD dalam berbagai bidang
Pengembangan.
2.
Menguasai teori belajar dan prinsip-
prinsip pembelajaran yang mendidik.
2.1      Memahami berbagai teori belajar dan
prinsip-prinsip bermain sambil belajar
yang mendidik yang terkait dengan
berbagai bidang pengembangan di
TK/PAUD.
2.2      Menerapkan berbagai pendekatan,
strategi, metode, dan teknik bermain
sambil belajar yang bersifat holistik,
otentik, dan bemakna, yang terkait
dengan berbagai bidang pengembangan
di TK/PAUD.
3.
Mengembangkan kurikulum yang
terkait dengan bidang
pengembangan yang diampu.
3.1      Memahami prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum.
3.2      Menentukan tujuan kegiatan
pengembangan   yang mendidik.

 
B.       STANDAR KOMPETENSI GURU

Standar   kompetensi   guru   ini   dikembangkan   secara   utuh   dari   empat
kompetensi  utama,  yaitu  kompetensi  pedagogik,  kepribadian,  sosial,  dan
profesional. Keempat kompetensi tersebut terintegrasi dalam kinerja guru.

Standar     kompetensi      guru     mencakup     kompetensi      inti     guru     yang
dikembangkan menjadi kompetensi guru PAUD/TK/RA, guru kelas SD/MI,
dan   guru   mata   pelajaran   pada   SD/MI,           SMP/MTs,   SMA/MA,   dan
SMK/MAK* sebagai berikut.

Tabel 1
Standar Kompetensi Guru PAUD/TK/RA











































5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar